Jamu penambah nafsu makan anak

Pernahkah anak anda sangat susah makannya? Sepertinya pernah, karena kebanyakan masa kanak-kanak susah sekali makannya. Lalu harus bagaimana mengatasinya? Mungkin anda perlu membuat jamu penambah nafsu makan anak. Mau tahu cara membuatnya?

Sebelum saya tulis lebih jauh cara membuat jamu penambah nafsu makan untuk anak-anak, akan saya ceritakan sedikit latar belakang saya.

Jadi saya memiliki anak perempuan dengan usia 15 bulan atau 1 tahun 3bulan. Susah sekali makannya. Berbeda waktu usianya dibawah 1 tahun dulu. Banyak sekali saran dari orang tua kami agar diminumkan ramuan (bahasa jawa : cekok) dari brotowali, temulawak, tempe busuk, ada juga agar pas waktu bangun pagi menjilati pusar anak saya. Nah diantara beberapa saran tersebut saya pilih membuat ramuan dari temulawak.

Jamu temulawak penambah nafsu makan

Kenapa saya pilih membuatkan ramuan temulawak? Pilihan ini bukan secara acak atau asal pilih saja, tetapi pilihan yang mempunyai dasar. Berikut adalah alasan saya kenapa memilih temulawak untuk jamu penambah nafsu makan untuk anak saya.
– Saya seorang pedagang produk herbal. Diantara beberapa herbal penambah nafsu makan (obat gemuk herbal) yang saya jual hampir semuanya menggunakan temulawak sebagai komposisinya. Dari sini saya bisa menyimpulkan akan khasiat temulawak untuk memperbaiki nafsu makan.
– Saya memiliki beberapa buku tentang manfaat tumbuh-tumbuhan dan manfaat herbal, di buku tersebut juga tercantum akan khasiat temulawak sebagai penambah nafsu makan.

Kiranya 2 alasan diatas sudah cukup menjawab kenapa saya pilih temulawak untuk membuatkan ramuan penambah nafsu makan anak saya. Lalu seperti apa membuat jamu tersebut?

Membuat ramuan jamu penambah nafsu makan sendiri

Dalam ramuan ini, saya menggunakan 2 bahan yang mudah ditemui dipasaran yaitu temulawak itu sendiri dan madu murni. Tapi ingat, jika anak anda masih belum genap 1 tahun lebih baik hindari penggunaan madu. Madu bisa diganti dengan sari kurma atau gula aren. Kenapa harus ditambah madu/sari kurma/gula aren. Jika anda membuat hanya temulawak saja, kasihan anak anda karena rasa temulawak sangatlah pahit. Jika ada campuran madu maka akan ada rasa manisss-manisnya sehingga mengurangi rasa pahit temulawak.

Berapa takaran yang harus dibuat?
Siapkan kurang lebih satu ibu jari temulawak, kupas kulitnya dan cuci dengan air bersih. Jika sudah bersih, parutlah temulawak tersebut dan peras. Dari satu ibu jari temulwak kurang lebih akan menghasilkan 1/4 sendok teh air perasan temu lawak.

Anda sudah mendapatkan 1/4 sendok teh air temulawak, setelah itu campur dengan 1/2 sendok teh air putih masak. Bisa hangat bisa air tawar biasa, yang penting jangan air dingin atau air panas. Kemudian tambahkan madu murni kurang lebih 5 tetes. Dengan demikian anda akan mendapatkan ramuan sebanyak kurang lebih 1 sendok teh yang siap diminumkan untuk anak anda.

Minumkan jamu penambah nafsu makan diatas pagi dan sore kurang lebih 30 menit atau 1 jam sebelum makan. Insya allah nafsu makan anak anda akan bertambah. Jika nafsu makan anak anda bertambah, secara otomatis badan anak anda tidak kurus dan terlihat gemuk sehat.

Pengalaman diatas adalah pengalaman asli dari penulis bagaimana membuat jamu penambah nafsu makan anak secara alami dan bahan-bahannya mudah ditemukan disekitar anda. Semoga bermanfaat.

*Jamu penambah nafsu makan pada anak ini tidak jauh beda dengan jamu untuk gemuk badan, karena jika anak makannya banyak, secara otomatis badannya akan gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *