Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Dan Wanita – Banyak orang belum tahu tentang cara menghitung berat badan ideal pria dan wanita. Kebanyakan mereka hanya mengacu pada standar yang ditetapkan dalam persyaratan penerimaan kerja tanpa tahu berapa berat badan ideal yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Daripada sibuk mencari tahu atau capek bertanya kepada orang yang belum tentu memberikan jawaban yang memuaskan, kenapa Anda tidak pelajari tentang beberapa cara menghitung berat badan ideal pria maupun berat badan ideal wanita yang akan diuraikan pada artikel berikut ini.
Cara ini berhubungan dengan rumus pasti yang bisa kita hitung sendiri hasilnya. Oke, langsung saja kita bahas tentang rumus menghitung berat badan ideal yang dimaksud..!

cara menghitung berat badan ideal
Konversi Tinggi dan Berat Badan

Cara menghitung berat badan ideal

Cara Pertama
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) x 90%
Melihat rumus menghitung berat badan ideal di atas, maka berat badan ideal yang dimiliki setiap orang akan berbeda, tergantung berapa tinggi badan yang dimilikinya. Jadi, semakin tinggi badan seseorang, maka berat badan ideal yang harus dimilikinya tentu saja harus lebih besar dibandingkan dengan orang yang memiliki tinggi badan standar atau kurang tinggi.
Silahkan Anda ukur dan ketahui tinggi badan Anda! Hasil tersebut kemudian kurangi 100 dan kalikan dengan 90%. Contoh : jika tinggi badan Anda adalah 170 cm, maka cara menghitung berat badan ideal pria dan wanita adalah sebagai berikut :
(170 – 100) x 90% = 63 kg
Itulah hasil perhitungan berat badan ideal menggunakan cara pertama. Jadi, jika tinggi badan yang dimiliki adalah 170 cm, maka berat badan ideal yang harus dimiliki adalah 63 kg. Untuk selanjutnya, silahkan Anda lakukan perhitungan sendiri sesuai dengan tinggi badan Anda masing masing.
Perlu diingat, menurut rumus menghitung berat badan ideal yang pertama ini, jika setelah dihitung Anda memiliki berat badan lebih besar 10% hingga 20% dari berat badan ideal, maka Anda mengalami kelebihan berat badan. Jika lebih besar 20% dari berat badan ideal, berarti Anda mengalami obesitas. Jika Anda memiliki berat badan kurang dari 10% dari berat badan ideal yang harus dimiliki, berarti Anda mengalami kekurangan berat badan (kurus).

Cara Kedua
Untuk cara kedua ini, kita masih menggunakan rumus khusus, hanya saja yang dijadikan patokan perhitungan untuk menghitung berat badan ideal pria ataupun wanita adalah menggunakan index massa tubuh. Rumusnya adalah sebagai berikut :
Berat Badan Ideal = Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (perhitungan dalam meter)
Ketahui berapa berat badan Anda saat ini, kemudian berapa tinggi badan Anda. Setelah diketahui hasilnya maka gunakan rumus di atas untuk menentukan berapa berat badan ideal yang seharusnya dimiliki dengan keadaan tubuh Anda saat ini.
Misalkan, jika berat badan Anda adalah 63 kg dan tinggi badan Anda adalah 160 cm (1,6 m), maka perhitungannya adalah sebagai berikut :
63 : (1,6 x 1,6) = 24,6
Untuk mengetahui dimanakah posisi berat badan Anda dari hasil angka yang didapat di atas, berikut panduannya : 31 (lebih dari 31) = Berat badan Anda berlebih, dalam tingkatan berat
Sesuai patokan di atas, dari contoh hasil perhitungan sebesar 24,6, maka posisi berat badan Anda adalah berlebih, tetapi masih dalam tingkatan ringan.

Nah jika anda sudah menghitung berat badan ideal anda dan ternyata berat badan anda masih dibawah standard, ada baiknya anda melakukan program gemuk sehat yaitu program untuk menaikan berat badan agar sesuai standard ideal. Salah satu yang patut anda coba yaitu dengan mengkonsumsi madu gemes yaitu madu gemuk sehat dimana bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan membantu untuk meningkatkan daya serap nutrisi ke tubuh.

Demikianlah cara menghitung berat badan ideal pria dan wanita yang bisa Anda coba untuk mencari tahu apakah saat ini Anda memiliki berat badan ideal ataukah tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *